Sharing

Masakan Langsung Disantap dari Wajan: Ayam Lemon-Thyme Dipanggang di Atas Crouton

Dari Chef Katianna Hong dari Restoran Charter Oak di Napa Valley, resep paha ayam berwarna emas keemasan ini di atas crouton yang beraroma sederhana, terasa memuaskan dan disajikan langsung dari wajan.

KAMU BERPIKIR memasak di dapur berbintang tiga Michelin akan membuat koki untuk siap masak apa saja. Tetapi ketika Katianna Hong meninggalkan restoran yang sangat bonafid di Meadowood di St. Helena, California, untuk memasak di tempatnya sendiri, Charter Oak, dia menghadapi semacam fase pembelajaran yang lain. Chef Hong berpendapat bahwa setidaknya butuh waktu satu menit untuk merasakan hidangan pengupas yang cukup nyaman sehingga bahannya bisa berbicara sendiri.

Kreasi resep ini merupakan olahan paha ayam yang 15 menit direndam dalam campuran minyak zaitun, lemon, thyme dan bawang merah. (Jika mungkin, Chef Hong merekomendasikan untuk mengasinkan paha sehari atau lebih sebelum memasak. Semakin lama ayam direndam dalam ramuan herbal yang cerah, maka semakin baik.) Kemudian cobalah siapkan wajan dan roti berkerak yang telah dipotong kotak-kotak, siram dengan bahan-bahan dan panggang ayam di atasnya dengan hamburan irisan lemon, siung bawang putih utuh dan beberapa tangkai thyme lagi. Pada akhir sesi memanggang ini, Anda akan memiliki ayam segar, kulitnya yang karamel menjadi cokelat keemasan-keemasan, di atas crouton yang beraroma.

Chef Hong pernah berujar kalau dirinya suka memeras lemon saat hangat dan berair,” kata Hong. Silakan ambil langsung dari wajan. Atau cukup undang semua orang untuk mengambil garpu dan mulailah mencicipi hidangan ini.

Lemon-Thyme dalam Ayam yang Dipanggang di Atas Croutons

Total Waktu: 45 menit Porsi: 4

• 6 paha ayam dengan tulang dan kulit

• Garam halal

• 1½ lemon, dicicipi dan dijus, ditambah ½ lemon yang diiris tipis

• ¼ gelas minyak zaitun

• 3 bawang merah utuh, dicincang kasar

• Daun dari 20 batang thyme, ditambah 8 cabang thyme keseluruhan

• 3 sendok makan mentega

• 6 cangkir roti kering, potong kotak-kotak

• ¼ gelas kaldu ayam

• 6 siung bawang putih utuh yang dikuliti

1. Panaskan oven hingga 450 derajat. Bumbui ayam dengan garam.

2. Buat rendaman: dalam blender, campurkan jus lemon, kulit lemon, minyak zaitun, bawang merah dan daun thyme, dan blender hingga halus.

3. Aduk ayam dalam bumbu. Biarkan ayam diasinkan setidaknya 15 menit. (Ini bisa dilakukan sehari sebelumnya.)

4. Oleskan mentega pada wajan besi atau piring tahan oven, dan bungkus roti dengan pas dalam satu lapisan. Tuang kaldu ayam di atas roti. Atur ayam yang diasinkan di atas roti, pastikan ayam benar-benar menutupi roti. Tuang bumbu perendam yang tersisa (sekitar ¼ gelas) ke seluruh wajan untuk meninggalkan sekitar 1/4-inci cairan. Taburkan cengkeh, bawang putih, cabang thyme dan lemon di atasnya.

5. Panggang sampai roti terlihat garing di dasar wajan dan ayam matang sendiri dan tuang karamel di permukaan, sekitar 25 menit. Sebelum disajikan, gunakan spatula untuk melonggarkan roti dari wajan. Sajikan langsung dari wajan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *